IndeksCalendarFAQAnggotaGroupPendaftaranLogin
Share | 
 

 Pengertian Nirmana

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Hendra Wiguna
Kolokium
Kolokium


Jumlah posting: 267
Join date: 17.04.08
Age: 31
Lokasi: Bandung

PostSubyek: Pengertian Nirmana   Fri Apr 25, 2008 11:00 am

Sumber : Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain, Drs. Sadjiman Ebdi Sanyoto, Yogyakarta 2005

Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana dapat juga diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, trimatra yang harus mempunyai nilai keindahan. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa. Elemen –elemen seni rupa dapat dikelompokan menjadi 4 bagian berdasarkan bentuknya.

1. Titik, titik adalah suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Raut titik yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah.
2. Garis, garis adalah suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian masa dan warna.
3. Bidang, bidang adalah suatu bentuk pipih tanpa ketebalan, mempunyai dimensi pajang, lebar dan luas; mempunyai kedudukan, arah dan dibatasi oleh garis.
4. Gempal, gempal adalah bentuk bidang yang mempunyai dimensi ketebalan dan kedalaman.
Penyusunan merupakan suatu proses pengaturan atau disebut juga komposisi dari bentuk-bentuk menjadi satu susunan yang baik. Ada beberapa aturan yang perlu digunakan untuk menyusun bentuk-bentuk tersebut. Walaupun penerapan prinsip-prinsip penyusunan tidak bersifat mutlak, namun karya seni yang tercipta harus layak disebut karya yang baik. Perlu diketahui bahwa prinsip-prinsip ini bersifat subyektif terhadap penciptanya.
Dalam ilmu desain grafis, selain prinsip-prinsip diatas ada beberapa prinsip utama untuk tujuan komunikasi dari sebuah karya desain.

1. Ruang Kosong (White Space)
Ruang kosong dimaksudkan agar karya tidak terlalu padat dalam penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan sebuah obyek menjadi dominan.
2. Kejelasan (Clarity)
Kejelasan atau clarity mempengaruhi penafsiran penonton akan sebuah karya. Bagaimana sebuah karya tersebut dapat mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu/ makna ganda.
3. Kesederhanaan (Simplicity)
Kesederhanaan menuntut penciptaan karya yang tidak lebih dan tidak kurang. Kesederhanaan sering juga diartikan tepat dan tidak berlebihan. Pencapaian kesederhanaan mendorong penikmat untuk menatap lama dan tidak merasa jenuh.
4. Emphasis (Point of Interest)
Emphasis atau disebut juga pusat perhatian, merupakan pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistic.
Prinsip – prinsip dasar seni rupa
1. Kesatuan (Unity)
Kesatuan merupakan salah satu prinsip dasar tata rupa yang sangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya rupa akan membuat karya tersebut terlihat cerai-berai, kacau-balau yang mengakibatkan karya tersebut tidak nyaman dipandang. Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan. Jika salah satu atau beberapa unsur rupa mempunyai hubungan (warna, raut, arah, dll), maka kesatuan telah tercapai.
2. Keseimbangan (Balance)
Karya seni dan desain harus memiliki keseimbangan agar nyaman dipandang dan tidak membuat gelisah. Seperti halnya jika kita melihat pohon atau bangunan yang akan roboh, kita merasa tidak nyaman dan cenderung gelisah. Keseimbangan adalah keadaan yang dialami oleh suatu benda jika semua daya yang bekerja saling meniadakan. Dalam bidang seni keseimbangan ini tidak dapat diukur tapi dapat dirasakan, yaitu suatu keadaan dimana semua bagian dalam sebuah karya tidak ada yang saling membebani.
3. Proporsi (Proportion)
Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan –perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling populer dan dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur. Proporsi ini menggunakan deret bilangan Fibonacci yang mempunyai perbandingan 1:1,618, sering juga dipakai 8 : 13. Konon proporsi ini adalah perbandingan yang ditemukan di benda-benda alam termasuk struktur ukuran tubuh manusia sehingga dianggap proporsi yang diturunkan oleh Tuhan sendiri. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.
4. Irama (Rhythm)
Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk –bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk –bentuk unsur rupa.
5. Dominasi (Domination)
Dominasi merupakan salah satu prinsip dasar tatarupa yang harus ada dalam karya seni dan deisan. Dominasi berasal dari kata Dominance yang berarti keunggulan . Sifat unggul dan istimewa ini akan menjadikan suatu unsure sebagai penarik dan pusat perhatian. Dalam dunia desain, dominasi sering juga disebut Center of Interest, Focal Point dan Eye Catcher. Dominasi mempunyai bebrapa tujuan yaitu utnuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan dan untuk memecah keberaturan.


Sumber : Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain, Drs. Sadjiman Ebdi Sanyoto, Yogyakarta 2005
Warna dapat didefinisikan secara obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang diapancarkan, atau secara subyektif/psikologis sebagai bagian dari pengalaman indera pengelihatan. Secara obyektif atau fisik, warna dapat diberikan oleh panajang gelombang. Dilihat dari panjang gelombang, cahaya yang tampak oleh mata merupakan salah satu bentuk pancaran energi yang merupakan bagian yang sempit dari gelombang elektromagnetik.
Cahaya yang dapat ditangkap indera manusia mempunyai panjang gelombang 380 sampai 780 nanometer. Cahaya antara dua jarak nanometer tersebut dapat diurai melalui prisma kaca menjadi warna-warna pelangi yang disebut spectrum atau warna cahaya, mulai berkas cahaya warna ungu, violet, biru, hijau, kuning, jingga, hingga merah. Di luar cahaya ungu /violet terdapat gelombang-gelombang ultraviolet, sinar X, sinar gamma, dan sinar cosmic. Di luar cahaya merah terdapat gelombang / sinar inframerah, gelombang Hertz, gelombang Radio pendek, dan gelombang radio panjang, yang banyak digunakan untuk pemancaran radio dan TV. Proses terlihatnya warna adalah dikarenakan adanya cahaya yang menimpa suatu benda, dan benda tersebut memantulkan cahaya ke mata (retina) kita hingga terlihatlah warna. Benda berwarna merah karena sifat pigmen benda tersebut memantulkan warna merah dan menyerap warna lainnya. Benda berwarna hitam karena sifat pigmen benda tersebut menyerap semua warna pelangi. Sebaliknya suatu benda berwarna putih karena sifat pigmen benda tersebut memantulkan semua warna pelangi.
Sebagai bagian dari elemen tata rupa, warna memegang peran sebagai sarana untuk lebih mempertegas dan memperkuat kesan atau tujuan dari sebuah karya desain. Dalam perencanaan corporate identity, warna mempunyai fungsi untuk memperkuat aspek identitas. Lebih lanjut dikatakan oleh Henry Dreyfuss , bahwa warna digunakan dalam simbol-simbol grafis untuk mempertegas maksud dari simbol-simbol tersebut . Sebagai contoh adalah penggunaan warna merah pada segitiga pengaman, warna-warna yang digunakan untuk traffic light merah untuk berhenti, kuning untuk bersiap-siap dan hijau untuk jalan. Dari contoh tersebut ternyata pengaruh warna mampu memberikan impresi yang cepat dan kuat.
Kemampuan warna menciptakan impresi, mampu menimbulkan efek-efek tertentu. Secara psikologis diuraikan oleh J. Linschoten dan Drs. Mansyur tentang warna sbb: Warna-warna itu bukanlah suatu gejala yang hanya dapat diamati saja, warna itu mempengaruhi kelakuan, memegang peranan penting dalam penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya kita akan bermacam-macam benda.
Dari pemahaman diatas dapat dijelaskan bahwa warna, selain hanya dapat dilihat dengan mata ternyata mampu mempengaruhi perilaku seseorang, mempengaruhi penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya seseorang pada suatu benda. Berikut kami sajikan potensi karakter warna yang mampu memberikan kesan pada seseorang sbb :

1. Hitam, sebagai warna yang tertua (gelap) dengan sendirinya menjadi lambang untuk sifat gulita dan kegelapan (juga dalam hal emosi).
2. Putih, sebagai warna yang paling terang, melambangkan cahaya, kesucian.
3. Abu-abu, merupakan warna yang paling netral dengan tidak adanya sifat atau kehidupan spesifik.
4. Merah, bersifat menaklukkan, ekspansif (meluas), dominan (berkuasa), aktif dan vital (hidup).
5. Kuning, dengan sinarnya yang bersifat kurang dalam, merupakan wakil dari hal-hal atau benda yang bersifat cahaya, momentum dan mengesankan sesuatu.
6. Biru, sebagai warna yang menimbulkan kesan dalamnya sesuatu (dediepte), sifat yang tak terhingga dan transenden, disamping itu memiliki sifat tantangan.
7. Hijau, mempunyai sifat keseimbangan dan selaras, membangkitkan ketenangan dan tempat mengumpulkan daya-daya baru.
Dari sekian banyak warna, dapat dibagi dalam beberapa bagian yang sering dinamakan dengan sistem warna Prang System yang ditemukan oleh Louis Prang pada 1876 meliputi :
1. Hue, adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan nama dari suatu warna, seperti merah, biru, hijau dsb.
2. Value, adalah dimensi kedua atau mengenai terang gelapnya warna. Contohnya adalah tingkatan warna dari putih hingga hitam.
3. Intensity, seringkali disebut dengan chroma, adalah dimensi yang berhubungan dengan cerah atau suramnya warna.
Selain Prang System terdapat beberapa sistem warna lain yakni, CMYK atau Process Color System, Munsell Color System, Ostwald Color System, Schopenhauer/Goethe Weighted Color System, Substractive Color System serta Additive Color/RGB Color System.
Diantara bermacam sistem warna diatas, kini yang banyak dipergunakan dalam industri media visual cetak adalah CMYK atau Process Color System yang membagi warna dasarnya menjadi Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Sedangkan RGB Color System dipergunakan dalam industri media visual elektronika.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://forumdesainitenas.aforumfree.com
azwinbaplang
Studio
Studio


Jumlah posting: 140
Join date: 17.04.08
Age: 31
Lokasi: Jakarta - Bandung

PostSubyek: Re: Pengertian Nirmana   Mon Apr 28, 2008 7:49 pm

jon sejak kapan maneh ngasdos nirmana euy.... hahahahha jocolor
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://siazwin.blogspot.com
jaka
Studio
Studio


Jumlah posting: 70
Join date: 17.04.08
Age: 32
Lokasi: singapore

PostSubyek: Re: Pengertian Nirmana   Mon Apr 28, 2008 11:17 pm

nirmana adalah mata kuliah, dimana dosennya menampilkan foto porno ke seluruh kelas.

afro
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.jakasatiawan.com
ericbdg
Studio
Studio


Jumlah posting: 162
Join date: 17.04.08
Lokasi: BANDUNG

PostSubyek: Nirmana   Tue Apr 29, 2008 12:23 pm

Nirmana adalah temannya oki, di majalah bobo. Eh salah ketang, Nirmana itu adalah surga dalam istilah Hindu. Eh sori-sori, maksud gw nirmana itu band grunge, yang vokalisnya, curt cobain mati bunuh diri.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.ericbandung.com
Hendra Wiguna
Kolokium
Kolokium


Jumlah posting: 267
Join date: 17.04.08
Age: 31
Lokasi: Bandung

PostSubyek: Re: Pengertian Nirmana   Tue Apr 29, 2008 1:54 pm

ericbdg wrote:
Nirmana adalah temannya oki, di majalah bobo. Eh salah ketang, Nirmana itu adalah surga dalam istilah Hindu. Eh sori-sori, maksud gw nirmana itu band grunge, yang vokalisnya, curt cobain mati bunuh diri.

bukannya nama gurup bend nya " ARWANA" bener ga???? scratch scratch scratch
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://forumdesainitenas.aforumfree.com
abon manise
Dalam Bimbingan
Dalam Bimbingan


Jumlah posting: 23
Join date: 18.04.08
Age: 32
Lokasi: jak-art

PostSubyek: Re: Pengertian Nirmana   Tue Apr 29, 2008 8:30 pm

ijo tai tentara dan gambar bokep...yayayya legend bgt memang, coba deh ada nama dosen yg oke punya: agus rambo, mata merah

ohya sama sapa tuh dosen DI kl g salah yg moternya lebih hebat dr ghost rider, kaya ada musang kelindes dibawahnya
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
daryl
TPB
TPB


Jumlah posting: 32
Join date: 24.04.08
Age: 32
Lokasi: Bandung

PostSubyek: NIRMANA   Wed Apr 30, 2008 9:06 pm

aduh .. gak ada yang bener yah ...

ginini ... NIRMANA itu berasal dari dua kata yaitu "Nir" yang berarti dekat dan "mana???" yang artinya tentu saja "manaaaa???? ...

JADI nIRMANA ADALAH SEBUAH ilmu disain yang hasil karyanya hanya bisa dinikmati dari jauh supaya keliatan komposisi warna, gelap terang ... dan bentuk secara keseluruhan ... kalau dari dekat ... Hmmmm ... bisa jereng mata

Garing??? .... SOK PASTI ......
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.kumatastudio.com
heyreenah
Dalam Bimbingan
Dalam Bimbingan


Jumlah posting: 15
Join date: 17.04.08
Lokasi: cairo

PostSubyek: niramana???   Tue May 06, 2008 10:21 pm

Lhoooo bukannya nyampur2in cet asturo???
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://heyrina.multiply.com/
ericbdg
Studio
Studio


Jumlah posting: 162
Join date: 17.04.08
Lokasi: BANDUNG

PostSubyek: hmm   Wed May 07, 2008 2:10 pm

heyreenah wrote:
Lhoooo bukannya nyampur2in cet asturo???

Engga cuma asturo aja, cinta ti eh tinta cina (rasiiis!) juga kok.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.ericbandung.com
heyreenah
Dalam Bimbingan
Dalam Bimbingan


Jumlah posting: 15
Join date: 17.04.08
Lokasi: cairo

PostSubyek: tanya donk???   Wed May 07, 2008 9:49 pm

itu teh bintang yang dalam bimbingan, tpb, studio teh maksudna naon moderator???
klo langsung jadi rektor bisa??
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://heyrina.multiply.com/
ericbdg
Studio
Studio


Jumlah posting: 162
Join date: 17.04.08
Lokasi: BANDUNG

PostSubyek: bisa   Wed May 07, 2008 10:45 pm

heyreenah wrote:
itu teh bintang yang dalam bimbingan, tpb, studio teh maksudna naon moderator???
klo langsung jadi rektor bisa??

bisa, jadi rektor nuklir tepatnya...
maksudnya, kalo udah posting 25 kali, nanti dapet satu bintang, terus kalo udah 50 kali dapet dua, gitu aja terus. bintang 1 teh tpb, bintang dua apaa gitu istilahnya, liat aja di thread info pirat
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.ericbandung.com
Hendra Wiguna
Kolokium
Kolokium


Jumlah posting: 267
Join date: 17.04.08
Age: 31
Lokasi: Bandung

PostSubyek: Re: Pengertian Nirmana   Thu May 08, 2008 8:32 am

heyreenah wrote:
itu teh bintang yang dalam bimbingan, tpb, studio teh maksudna naon moderator???
klo langsung jadi rektor bisa??

he he rena, keteranganya ada di kategory info forum paling atas..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://forumdesainitenas.aforumfree.com
azwinbaplang
Studio
Studio


Jumlah posting: 140
Join date: 17.04.08
Age: 31
Lokasi: Jakarta - Bandung

PostSubyek: Re: Pengertian Nirmana   Fri May 09, 2008 1:16 pm

salah room si rina... Very Happy Very Happy Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://siazwin.blogspot.com
joga
Dalam Bimbingan
Dalam Bimbingan


Jumlah posting: 4
Join date: 15.05.08
Lokasi: singaparna

PostSubyek: Re: Pengertian Nirmana   Thu May 15, 2008 11:13 pm

jaka wrote:
nirmana adalah mata kuliah, dimana dosennya menampilkan foto porno ke seluruh kelas.

afro

beneran..?! wah nyesel gw sering bolos.. eh kalo sering mah dah gugur ya.. heu.. jadi.. apeu..
ga jadi ah.. apanya..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.myspace.com/jogainvasion
liE
Tamu



PostSubyek: Re: Pengertian Nirmana   Fri Dec 19, 2008 3:46 pm

Kata dosenku nirmana tu,ga punya makna............ confused
makanya selama ini ak bingung klo ga ounya makna knp da mata kuliah nirmana
Kembali Ke Atas Go down
ericbdg
Studio
Studio


Jumlah posting: 162
Join date: 17.04.08
Lokasi: BANDUNG

PostSubyek: Re: Pengertian Nirmana   Sun Dec 21, 2008 12:29 pm

liE wrote:
Kata dosenku nirmana tu,ga punya makna............ confused
makanya selama ini ak bingung klo ga ounya makna knp da mata kuliah nirmana

Jalanin aja dulu, tar juga ngeuh kok di akhir2 kuliah he he he
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.ericbandung.com
mopis
Tamu



PostSubyek: Re: Pengertian Nirmana   Thu Jun 17, 2010 4:32 pm

suwun maaass. . .
artikel'a bener2 menolong saya dari mautt cheers
capcus dah lol!
Kembali Ke Atas Go down
 

Pengertian Nirmana

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 ::  :: -